SOSIALISASI PENYAKIT MENULAR TUBERCULOSIS (TBC) Di Desa Tawing

Sosialisasi penyakit Tuberculosis atau lebih dikenal dengan istilah TBC saat ini sedang menjadi tren di kalangan masyarakat di seluruh pelosok termasuk di wilayah kecamatan Gondang saat ini. Maka dari itu kami mulai melakukan penyuluhan di desa kami di desa Tawing Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung.

 

Penyuluhan yang diadakan oleh PemDes Tawing ini dilaksanakan kemarin malam pada pukul 19.00 tanggal 19 November 2019 dengan mendatangkan dari beberapa Narasumber dari pihak Kecamatan Gondang yang di wakilkan oleh bapak Langkir selaku Kasi Kesra dan dari pihak Puskesmas Gondang yaitu ibu Eni Ekowati dan ibu Karmini. dan kami juga mengundang para peserta penyuluhan yang terdiri dari bapak/ibu ketua rw dan rt serta para pemuda-pemuda karangtaruna desa Tawing. Setelah acara pembukaan dan sambutan-sambutan maka masuk lah pada inti dari acara tersebut yakni penyuluhan TBC yang disampaikan langsung oleh ibu Karmini.

Tuberculosis atau lebih dikenal dengan istilah TBC sekarang marak terjadi di berbagai wilayah termasuk di wilayah kecamatan Gondang ini. dan di desa Tawing ini termasuk dalam peringkat ke 4 di kecamatan gondang setelah desa notorejo, jarakan, dan kendal. TBC sendiri bukanlah penyakit keturunan atau guna-guna melainkan penyakit yang diakibatkan kuman TB yang menyerang paru-paru. gejala TBC sendiri ialah batu berdahak yang terus menerus lebih dari 2 minggu, sesak napas dan nyeri dada, napsu makan menurun, berkeringat dimalam hari, berat badann menurun. TBC dapat dideteksi melalui pemeriksaan dahak. Beberapa tes lain yang dapat dilakukan untuk mendeteksi penyakit menular ini adalah foto Rontgen dada, tes darah, atau tes kulit (Mantoux).

TBC dapat disembuhkan jika penderitanya patuh mengonsumsi obat sesuai dengan resep dokter. Untuk mengatasi penyakit ini, penderita perlu minum beberapa jenis obat untuk waktu yang cukup lama (minimal 6 bulan). Obat itu umumnya berupa:

  • Isoniazid
  • Rifampicin
  • Pyrazinamide
  • Ethambutol

Sebernarnya pada penyuluhan ini kami hanya ingin membahas perihal TBC saja, namun dari pihak puskesmas Gondang menyarankan untuk melakukan penyuluhan HIV/AIDS juga. Jadi selesainya pembahasan TBC yang diterangkan oleh ibu Karmini, barulah pembahasan HIV/AIDS mulai diterangkan oleh ibu Eni Ekowati.

HIV (human immunodeficiency virus) adalah virus yang merusak sistem kekebalan tubuh, dengan menginfeksi dan menghancurkan sel CD4. Semakin banyak sel CD4 yang dihancurkan, kekebalan tubuh akan semakin lemah, sehingga rentan diserang berbagai penyakit.

Infeksi HIV yang tidak segera ditangani akan berkembang menjadi kondisi serius yang disebut AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome). AIDS adalah stadium akhir dari infeksi virus HIV. Pada tahap ini, kemampuan tubuh untuk melawan infeksi sudah hilang sepenuhnya.

Sampai saat ini belum ada obat untuk menangani HIV dan AIDS. Akan tetapi, ada obat untuk memperlambat perkembangan penyakit tersebut, dan dapat meningkatkan harapan hidup penderita.

Harapanya semoga penyakit ini mulai bisa disadari oleh banyak masyarat agar lebih waspada lagi terhadap penyakit-penyakit menular tersebut.

Setelah acara penyuluhan yang berlangsung sekitar 2jam tersebut akhirnya diakhiri karena terlihat para peserta mulai merasa bosan dan mengantuk, maka pada acara malam hari itu ditutuplah dengan bacaan doa oleh bapak

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?